Kamis, 15 November 2018

Diary (by: A.P)

Hasil gambar untuk diary
Dear Diary....
Matahari belum muncul. Semilir angin lembut membelai, menyejukan hatiku yang sedang layu. Hari ini, pagi-pagi buta, setelah shalat subuh di masjid, aku harus segera pergi. Pergi mengais barang-barang rongsokan, sebelum truk sampah mengambilnya dari tempat sampah para warga. Hari ini Ibu sakit, Ry. Aku lagi butuh uang, buat beli obat, juga buat beli susu untuk adik. Aku sedih, Ry.

Oh ya, Ry!, entah kenapa akhir-akhir ini aku jadi lebih sensitif. Aku miris menyadari betapa aku “Sendiri”. Ya, aku sendiri, Ry. Aku yang punya banyak saudara seiman, sebangsa, dan setanah air. Mengapa mereka tak menolong kami, ya, Ry? Mengapa mereka tak sejenak singgah untuk menyampaikan sekadar simpati? Ah, mungkin mereka lagi sibuk, Ry. Aku sedih. Tapi ah, terlalu kekanak-kanakan ya, Ry. Mereka pasti banyak urusan. Juga banyak ukhuwah yang harus mereka rajut. Aku harus berprasangka baik, ya, Ry. Aku yakin kok, mereka yang sedang sibuk, sedang memikirkan nasib kami, orang-orang lemah. Aku yakin mereka yang sedang sibuk, sedang bekerja untuk kesejahteraan banyak umat, bukan hanya untuk dirinya dan keluarganya saja. Aku yakin, para pemuda yang sedang duduk di bangku kuliah, di ruang yang sejuk ber AC, mereka juga sedang memikirkan kami. Aku yakin, cita-cita dan mimpi mereka bukan hanya ambisi pribadi. Bagi mereka, memperkaya diri sendiri itu terlalu mudah. Mereka orang-orang hebat. Aku yakin, suatu saat mereka akan sejenak meninggalkan kesibukannya, untuk menolong kami. Ya, aku yakin, Ry. Kamu juga yakin, kan, Ry? Ya, aku harus berprasangka baik. Masih banyak saudara-saudaraku yang lebih menderita, yang kelaparan, diperangi di belahan bumi lainnya. Aku egois ya, Ry!
Namun ada ngilu, saat kulihat segerombolan muslimah berjilbab turun dari Mercy, keliling-keliling di mall dan makan di restoran megah. Ada yang tergores saat melihat para mahasiswa yang nongkong di kafe-kafe sepulang dari kampus, sembari ngobrol-ngobrol dengan temannya. Aku melihat semua itu kemarin, saat membeli susu buat adik. Mataku basah tiba-tiba. Aku sayang mereka, Ry....
NB : Disadur dari Buku “Ketika Mas Gagah Pergi” karya Helvy Tiana Rosa Halaman 150-151.
Rosa, Helvy Tiana. 2015. Ketika Mas Gagah Pergi. Depok: AsmaNadia Publishing House.

24 komentar:

  1. Setelah melihat-lihat blogi ini, menurut pendapat dari saya, konten-konten yang ada memiliki nilai yang sangat istimewa. Mulai dari segi pemilihan bahasa dari konten tersebut hingga dan pemilihan konsep yang ditampilkan, menurut saya sangat baik. Ada 3 konten utama pada blog ini yang menurut saya menjadi niali tambah, yaitu artikel, cerpen, dan puisi dari pemilik blog yang menurut saya patut untuk dinikmati bagi pembaca. Karena tidak mudah untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam otak kita menjadi sebuah tulisan yang mampu dengan mudah untuk dipahami khalayak banyak. Disamping konten yang menarik, blog ini juga sangat sistematis dan mudah untuk dipahami. Terlepas dari itu semua, menurut saya blog ini sangat menarik untuk diikuti. Sekian, teri kasih.

    BalasHapus
  2. Eka Hikmah A (02111540000050)

    Hai agung trio prapanca, saya eka. Saya sudah melihat blog kamu dan kamu memiliki blog yang cukuprapi menurut saya. Dan desain dari blog kmu juga cukup baik. Namun fitur yang tersedia dalam blog kamu masih belum banyak tapi untuk saat ini blog kamu sudah cukup baik. Dan saya juga menyarankan dalam penulisan tulisan kamua langkah lebih bak jika menggunakan fitur insert jump break agar jika pembaca membuka blog kamu dalam muncul poin poin atau judul judul yang banyak. Karena saat ini tulisan kamu semua muncul di halaman beranda yang cukup panjang sehingga tulisan kamu yang berikutnya berada cukup jauh di bawah. Karena jika ada pembaca yang tertarik dengan judul tulisan kamu yang lain akan mudah untuk menemuknnya selain dari poin poin judul yang tertera di sampingnya. Mungkin bisa membuat insert jump break setelah memberikan paragraph dan foto. Tetap semangat dalam menulis ya prap, fighting 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas sarannya. Nanti, kalau ada waktu senggang insya Allah akan saya coba. Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya. Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ^_^

      Hapus
  3. Menurut saya, dari blog yang sudah anda buat, pengalaman yang dituliskan sudah cukup baik namun mungkin ada kekuramngan pada desain atau latarnya. Agar lebih menarik mungkin warna yang dipadukan bisa lebih cerah agar mewakili perasaan yang anda sedang rasakan. Pada blog anda juga sudah ditambahkan konten menarik seperti cerpen dan puisi. Dengan begitu pembaca akan terus semangat membaca blog anda. Terimakasih sudah ingin membagi pengalaman anda kepada pembaca. Ada baiknya untuk pemilihan diksi bisa disesuaikan tema agar lebih menarik dan pembaca bisa merasakan yang anda utarakan. Terus semangat dalam hal apapun yang sedang dan akan anda kerjakan, semoga Allah swt selalu mendukung dalam setiap langkah yang anda ambil. Tetap Semangat ya, Ma’annajah! “ketika saya mengetahui proses saya lebih lambat dari beberapa yang lain, saya tidak menyalahkan diri saya ataupun bersyukur karna masih ada yang dibawah saya, melainkan memotivasi diri akan kenyataan saya butuh persiapan lebih, tenaga lebih & waktu lebih, ya saya harus mulai lebih awal. ambil start pertama & hargailah waktu, no slow no delay” Tetap berjuang untuk segala yang sedang dan akan anda alami, Salam semangat dari saya!

    BalasHapus
  4. Nama Lukman Martinus
    NRP 02111540000115
    Saya telah melakukan pembacaan dari blog milik Prapanca. Saya mengartikan bahwa blog ini digunakan utamanya untuk pengumpulan tugas dan update untuk kegiatan KKN. Blog milik Prapanca memiliki background dan susunan yang cukup bagus. Susunan pada blog masih cukup sederhana dan mudah dimengerti oleh orang umum. Blog milik Prapanca memiliki menu yang sesuai dengan tugas yang diberikan. Isi blog Prapanca mempunyai kesesuaian dengan tugas yang diberikan oleh dosen. Menu my love Indonesia cukup bagus dan memberitahu keinginan penulis untuk negara Indonesia. Menu kuliahku di ITS mempunyai isi yang menurut saya sesuai dengan tugas yang diberikan dan sangat mendetail sehingga bisa menarik pembaca ke bidang yang sama. Isi pada menu my future cukup bagus dan mendetail sehingga cukup menginspirasi. Blog milik Prapanca menurut saya sudah cukup bagus dan menginspirasi untuk mencapai hal yang sama untuk orang lain. Blog milik Prapanca mempunyai variasi isi yang cukup bagus dan beragam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju jika anda mengartikan blog saya hanya sebatas update kegiatan KKN dan tugas wastek. Lihat saja, ada beberapa menu yang diluar penugasan, meskipun memang saat ini belum terlalu banyak content-nya. Saya harap anda lebih bijaksana lagi dalam menulis komentar.

      Hapus
  5. Yusuf Tri 021115-126

    Mantap sekali, blog ini sangat bermanfaat dan elegan. Bahwasanya kita memang perlu mengetahui hal-hal tersebut sebagai wawasan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi kepada lingkungan kita, di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sebagai mahasiswa kita diituntut untuk tidak hanya mahir dalam kelas, berprestasi dalam bidang keprofesian masing-masing dan hal-hal berbau hardskill lainnya. Namun pengetahuan yang bersifat mendukung juga diperlukan sebagai bahan pendekatan kepada masyarakat sosial serta masyarakat teknik.
    Dari segi kepenulisan penulis masih bisa meningkatkan kemampuannya. Tulisan yang bagus akan memberikan kenyamanan bagi pembaca dalam memahami informasi dan memberikan inspirasi bagi pembaca untuk hanyut dalam tujuan tulisan yang ada.
    Di luar itu tampilan blog ini masih biasa. Hal yang seperti ini perlu diperbaiki agar pembaca betah. Lagipula tujuan membuat blog seharusnya adalah untuk kebermanfaatan umum. Tampilan yang baik seharusnya cerah dan menginspirasi.
    Harapannya penulis dapat memiliki kebijaksanaan dalam menggunakan blog sebagai mana mestinya dan sebaik-baiknya. Selebihnya kata yang pantas diungkapkan adalah “wes top iki!”

    BalasHapus
  6. [Fikri Amrul A M/021115-130]
    Saya ingin memberi komentar saya terhadap blog ini milik Agung agar semoga kedepannya blogger dapat mengembangkan dan memperbagus isi konten blog nya. Nama dari blog Agung sangat mudah untuk dicari dan dihafalkan karena mungkin sudah lama membuatnya. Saat pertama membuka blog nya desain nya cukup bagus dan jelas. Menu yang dipilih juga banyak. Isi konten dari blog juga banyak mulai dari kisah-kisah inspiratif yang ia dapatkan ataupun ia buat, hal tersebut membuat isi blog agung terlihat ramai dan bermanfaat. Artikel-artikel yang ia tulis juga bagus Bahasa dan penulisannya, namun ada kekurangannya yaitu terkadang ada sedikit kesalahan dalam penggunaan kosa kata serta penggunaan huruf kapital. Saran saya untuk kedepannya kesalahan-kesalahan kecil tersebut dapat dikurangi dan terus membuat konten-konten cerita yang menginspirasi atau lainnya karena saya sangat suka kisah-kisahnya. Serta desain dari blog juga perlu diperbarui agar pengunjung blok semakin tertarik untuk membaca konten-konten dari isi blog.

    BalasHapus
  7. Dewi TamaraA. Y. (02111540000056)
    Terima kasih anda telah membuat tulisan dalam blog karena tidak jarang generasi millennial yang suka menulis. Blog yang anda buat menarik, simple, rapi. Mungkin tidak banyak komentar ataupun saran yang akan saya berikan. Isi blogpun sangat lengkap ditambah karya-karya yang anda buat untuk menarik pembaca. Dari segi background bagus, penulisan rapi menggunakan bahasa yang sopan. Namun menurut saya di bagian profil anda memperkenalkan diri menggunakan bahasa “aku” yang disampaikan kepada pembaca yang seumuran, bukan untuk orang yang lebih tua. Padahal pembaca blog dari berbagai kalangan sehingga diharapkan menggunakan bahasa sopan emang terlihat formal sih. Isi yang anda buat membuat saya tersentuh dan ingin membaca blog anda. Sangat menarik isi konten dan berbobot, tulisan panjang tetapi penuh makna, tidak bertele-tele. Sungguh pengalaman hidup yang mengagumkan untuk bagikan kepada orang lain agar saya sebagai pembaca termotivasi. Sekian dan maaf, semoga masukan yang saya berikan dapat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya. Saya sangat mengapresiasi. Namun, untuk hal ini, saya lebih suka menggunakan kata 'aku' di profil saya. Saya rasa itu lebih akrab untuk menyapa pembaca. Bukan tanpa alasan. Blog ini adalah blog pribadi saya. Dan tujuan saya menulis blog ini adalah memberikan bahan bacaan yang santai, tapi bermanfaat. Oleh karena itu, akan sangat bertentangan jika menggunakan kata 'saya' di profil blog ini. Mungkin, pembaca nanti akan beranggapan blog ini adalah blog formal yang harus mengikuti kaidah-kaidah penulisan, seperti kebanyakan blog yang lainnya. By the way, terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak disini ^_^

      Hapus
  8. sujalmo (02111340000084)

    Salam dan semangat penulis blog, perkenankan saya sedikit menyampaikan komentar dari perspektif saya setelah membaca dan menjelajah blog ini. Blog ini sudah memiliki beberapa konten. Pada tampilan home, blog seperti kumpulan-kumpulan tulisan. Pada setiap konten sudah sangat baik dan jelas menjelaskan maksud-maksud dari setiap konten, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menggunakan bahasa sehari-hari sehingga cepat sampai pada pembaca dari maksud penulis. Sebagai saran yang mungkin sedikit membangun, agar tata letak atau lainnya sedikit diubah sehingga setiap konten tulisan menjadi mudah diakses dan mudah di buka oleh pengunjung blog. Setiap konten memiliki isi konten yang sangat menarik yang membuat pengunjung untuk tetap membuka, mencari, membaca blog ini. demikian sedikit yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, terima kasih.

    BalasHapus
  9. Halo,
    Sebelumnya perkenalkan saya Ayu dari blog ayuputri2607.wordpress.com dan saya juga masih mahasiswa lho, salam kenal :)
    Sebelumnya saya ingin memuji blog kamu dulu nih hehe. Saat melihat blog kamu, saya terkesan dengan desain yang kamu buat. Dimulai dari pemilihan warna, font, widgets yang kamu gunakan sampai gambar yang kamu tampilkan terlihat kamu mahir dalam dunia per-blogger-an. Postingan kamu juga memberikan inspirasi bagi saya. Dari kategori my future, my beloved indonesia, my social, sampai kuliahku di ITS. Semua post dari kategori tersebut memberikan saya gambaran atau sudut pandang yang berbeda dari saya. Hal ini tentunya dapat memberikan saya pemahaman lebih dalam bersikap dan mengambil keputusan. Kalau boleh memberikan saran untuk blog kamu, gambar-gambar yang kamu ambil mohon diberikan credit pengambilan darimana untuk menanggulangi masalah copy paste antar blogger. Sekian dulu yaa ulasan saya tentang blog kamu, semoga saran saya dapat membuat blog kamu menjadi lebih baik ya.

    BalasHapus
  10. Medwin Wirawan 02111540000160
    Assalamualaikum Prapanca! Salam sejahtera. Perkenalkan saya Medwin, saya baru saja mengunjungi blog anda. Sebelumnya izinkanlah saya sedikit mengomentari blog anda.
    Pertama, konten yang anda sajikan dalam blog ini menarik dan ringan untuk dibaca. Dari menu-menu yang anda sajikan juga menarik saya untuk membukanya untuk mengetahui pengalaman-pengalaman dan juga pengetahuan anda. Setelah saya buka satu-persatu isi menunya, setiap menu terdapat gambar yang relate dengan tulisannya, itu bagus. Pemilihan diksi mungkin bisa diperbaiki untuk memperjelas maksud dari menu anda. Premis awal yang anda diceritakan menurut saya cukup menarik. Dari tulisan anda ini ada hal-hal baru yang saya dapat. Saya berharap anda mau untuk selalu berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan karena pengalaman, cerita, dan pengetahuan anda sedikit atau banyak akan bermanfaat bagi pembaca.
    Kedua, dalam segi desain blog anda ini sudah cukup bagus. Tidak banyak jenis warna, simple, dan elegan. Warnanya yang soft membuat pembaca nyaman membaca berlama-lama. Selain itu font tulisan yang dipilih juga bagus, tidak neko-neko dan enak untuk dibaca.

    BalasHapus
  11. Perkenalkan, saya Carla Gravina. Saya ingin sedikit berkomentar mengenai tulisan di blog ini. Tulisan – tulisan yang dibagikan oleh penulis pada blog pibadinya cukup bagus dan sangat menginspirasi para pembaca. Hampir semua tulisannya menarik. Sebagian besar tulisan tersebut disertai dengan penggalan – penggalan puisi, kata – kata Mutiara, atau sekedar pesan positif yang ingin penulis sampaikan pada pembaca. Saya cukup terinspirasi, dan merasa diingatkan oleh beberapa pesan yang disampaikan oleh penulis di setiap tulisannya. Cara penulis menyampaikan pesannya melalui tulisan cukup kreatif. Bahasa yang digunakan penulis juga sederhana dan cukup mudah dimengerti. Pada kolom ‘About Me’ penulis memperkenalkan dirinya kepada para pembaca dengan bahasa yang santai, komunikatif dan apa adanya. Secara keseluruhan, tulisan yang dibagikan oleh penulis sangat baik dan mengandung informasi – informasi yang bermanfaat. Akan tetapi, menurut saya tulisan – tulisan tersebut akan jauh lebih menarik dan mengundang minat para pembaca apabila disertai dengan lebih banyak gambar pendukung maupun gambar ilustrasi lainnya. Semoga saran yang saya sampaikan dapat berguna bagi penulis dan pembaca lainnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Halo Prapanca, perkenalkan saya Resti Kandi (0211154000042) dari Teknik Mesin ITS. Kesan pertama yang terlintas tentang blog ini adalah alamat blognya itu sendiri yaitu sebongkah asa yang menurut saya sendiri sederhana namun memiliki kesan tersendiri. Untuk tampilan blog ini bagi saya terkesan fresh and natural karena backgroundnya. Jika kebanyakan blog memiliki background yang hanya polos dan warna itu – itu saja, di blog ini backgroundnya cukup menarik yaitu alam. Tidak salah jika begitu saya membaca beberapa postingan di blog saudara Prapanca ini tulisannya cukup rapi, gaya bahasa yang bagus, isinya pun cukup banyak dan tidak membosankan. Hal itu dikarenakan penulis blog ini memiliki hobby menulis. Semoga saja dengan hobby menulis, dapat dimanfaaatkan dengan berbagi pengalaman ataupun ilmu di blog ini. Di beberapa postingan juga saya mendapati banyak pesan – pesan yang penulis sampaikan pada para pembaca. Selain itu, tiap postingannya juga sudah disertai gambar yang cukup menarik akan tetapi gambarnya tidak diberi sumber, amat disayangkan karena menurut saya isi blog ini memiliki orisinalitas yang tinggi. Hal lain yang menarik adalah ada beberapa menu berbau sastra yang pasti sangat diminati oleh orang – orang yang suka dengan sesuatu berbau sastra seperti puisi dll. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Hai Agung Trio Prapanca, ya atau sering saya panggil Prapanca. Saya lucynda teman sekelompok anda waktu membuat jembatan. Dari awal saya kenal anda sudah terlihat bahwa anda suka menulis. Konten yang ada di blog ada sangat banyak dan kebanyakan mengenai kehidupan anda sehari-hari jadi maaf saya tidak membaca keseluruhan konten anda. Dari seluruh konten yang saya baca saya paling suka dengan konten "My Beloved Indonesia" karena saya setuju dengan harapan anda dengan indonesia kedepannya, dan semoga anda bisa menjadi salah satu yang membuat Indonesia lebih baik. Tapi mungkin ada yang kurang srek saat melihat blog anda, dan mungkin ini hampir sama dengan beberapa komen yang saya berikan ke teman-teman yang menggunakan blogspot yaitu dari segi desain. Sepengetahuan saya blogspot merupakan blog yang kurang diminati orang terutama untuk variasi desainnya dibandingkan dengan situs pembuat blog lain tapi sekarang blogspot sudah ada update baru dengan pilihan temanya, mungkin bisa anda coba, tapi bukan berarti desain blog anda jelek hanya saja mungkin akan lebih bagus kalau tidak terlalu simple, blog mas ezra atau medwin mungkin bisa menjadi reverensi. But Overall if need to give this blog a score i will give you 95. Semoga anda bisa melanjutkan menulis dan dengan kondisi yang lebih baik. "Everybody walks past a thousand story ideas every day. The good writers are the ones who see five or six of them. Most people don’t see any."- Orson Scott. "Write until it becomes as natural as breathing, write until not writing makes you anxious."
    -Lucynda Thallibah Lumba 2115100187

    BalasHapus
  14. Terima kasih sudah mampir di blog saya dan memberikan jejak disini. Maaf saya tidak bisa membalas komen anda satu-satu. Namun, untuk respek saya dan perlunya klarifikasi, ada beberapa komen yang memang harus saya tanggapi secara pribadi. Terima kasih juga atas saran dan masukannya. Akan saya pertimbangkan kedepannya. Terakhir, apabila anda tertarik dengan blog ini, silahkan dijelajahi sepuasnya ^_^

    n.b.: kedepannya, jika ingin memberikan saran dan masukan terkait blog ini (bukan content-nya), anda bisa memberikan komen di kotak saran yang sudah saya taruh menunya di atas sehingga kolom komen di tiap konten hanya membahas seputar konten-nya saja. Itu akan mempermudah saya untuk melihatnya.
    Terima kasih
    Salam,
    Agung Trio

    BalasHapus
  15. Hallo Prapanca
    Disini saya tertarik membaca psotingan – postingan anda. Dari semua postingan anda, semua tertulis dengan rapi dan cukup lengkap. Mungkin disini saya merasa anda sepetinya benar – benar suka menulis ya? Memang terlihat dari anda yang suka menulis psotingan anda di web ini. Dari semua yang nda tulis memiliki bahasa yang santai dan dapat dimengerti oleh semua orang. Oh ya untuk tampilan ini konten yang anda tampilkan mungkin bisa anda tambahkan gambar – gambar ilustrasi agar bisa lebih menarik lagi. Mungkin itu yang dapat saya komentari tentang postingan anda, saya mohon maaf kalau ada yang salah kata. Terus berkarya tentu usaha akan sebanding dengan hasil.
    Salam dari blog sebelah ^_^
    Oka Nur Oktavianda/thingasimple.blogspot.com

    BalasHapus
  16. halo agung. setelah saya melihat dan membaca konten blog anda menurut saya blog anda termasuk salah satu blog yang wajib dikunjungi untuk para blogger pemula. konten yang menarik disajikan dengan bahasa yang santai membuat kita para pembaca cukup mudah memahami apa yang anda sampaikan. tampilan blog yang simpel membuat para pembaca tetap fokus pada tulisan anda. untuk kedepannya saya berharap agar ditambahkan konten-konten yang berisi tentang bidang yang sedang anda geluti saat ini agar anda bisa berbagi ilmu dan pengalaman. untuk keseluruhan menurut saya blog anda sudah cukup bagus. mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan

    BalasHapus
  17. Dzikri Ahmadi 2115100123
    judul blognya keren gan. membuat orang tertarik untuk mengunjungi blog anda. apalagi dengan adanya artikel artikel yang sangat bermanfaat. apalagi artikel ini yangberjudul dear diary yang membuat orang menjadi tertarik untuk membukanya termasuk saya. setelah membacanya saya sangat terkesan dengan tulisannya yang meupakan cuplikan dari novel yang anda sukai. dengan artikel ini mungkn membuat pembacanya menjadi tertarik untuk membca novel tersebut. secara keseluruhna blog ini sangat baus dan mengispirasi namun saya ada beberapa saran untuk blog ini dan artikel anda yaitu untuk blog anda backgroundnya mungkin bisa digant dengan gamar lain yang lebih baik dan jangan diblur karena membuat saya pusing wkwkkw. untuk artikel sudah sangat bagus namun gambar untuk artikelnya mungkin bisa mengunakan gambar lain yang lebih menarik. mungkin sekian dari saya dan tetap semangat dalam menulis karena menulis membuatmu tetap abadi.

    BalasHapus
  18. Nico Hasoloan (02111540000072)
    Setelah melihat beberapa konten dan tulisan yang ada di blog ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Dilihat dari konten - koten yang disajikan oleh penulis blog sungguh bermanfaat dan bagus. Beberapa artikel dan tulisan dalam blog ini sungguh menarik. Hasil karya sastra yang dibuat penulis blog ini juga bagus dan elegan. Tulisan – tulisan yang ada di blog ini juga dikemas dengan baik dan disampaikan dengan gaya bahasa yang menarik dan jelas, sehingga hal – hal yang ingin disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan dengan baik. Selanjutnya, menurut saya fitur - fitur dalam blog cukup lengkap. Yang terkahir adalah tampilan dari blog ini sudah baik dan perlu sedikit perbaikan pada fitur menunya. Karena menurut saya jika fitur menu dalam blog ini terlihat terlalu banyak, saya rasa menu – menu yang memiliki kesamaan tema dapat disatukan menjadi satu menu besar yang berisikan sub – sub menu. Kedepannya saya harap penulis blog ini dapat tetap memberikan artikel – artikel yang menginspirasi dan bermanfaat. Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. [Ilham Maulana/021115-071/improvisr.blogspot.com
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Halo salam kenal. Blog anda sangat orisinil dan bermakna. Semakin banyak informasi yang anda sampaikan semakin banyak informasi yg dapt didapat. Kata kata yang anda buat memang sangat akurat, singkat, padat dan mantap. Postingan yang telah anda buat ini adalah postingan yang dominan,begitu sopan dan menyenangkan. Dalam hal desain masih bisa di rapikan lagi agar tampilan menjadi lebih menarik. konten sangat membangun dan menginspirasi.secara keseluruhna blog ini sangat baus dan mengispirasi namun saya ada beberapa saran untuk blog ini dan artikel anda yaitu untuk blog anda backgroundnya mungkin bisa diganti dengan gamar lain yang lebih baik
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus